Proses pembuatan batik cap

Proses pembuatan batik cap

cetak batik custom
cetak batik custom

Batik Budaya Asli Indonesia yang saat menjadi busana khas dari negara Indonesia. Batik tidak hanya sekedar kain tradisional dengan beragam corak. Didalam batik juga mengandung sejarah dan nilai ? nilai tradisi dari bangsa Indonesia yang sangat berharga. Jika dibandingkan dengan kain ? kain biasa batik lebih memiliki nilai seni yang sesuai untuk semua kalangan.

Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian budaya batik dengan mewujudkan kecintaan pada batik dalam menggunakannya sebagai busana. Apalagi sekarang perkembangan batik semakin pesat dan memunculkan motif ? motif batik yang beragam sehingga mudah dalam pemilihan corak batik sebagai busana.

Salah satu batik yang dikenal melalui prosesnya, saat ini tengah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sekarang banyak dengan mudah kita jumpai batik dengan prosesnya seperti batik tulis, cap sampai batik printing. Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Batik Cap adalah batik dengan cara pembuatannya seperti menggunakan cap atau stempel. Berbeda dengan batik tulis yang pembuatannya dengan ditulis langsung dan membutuhkan waktu yang lama. Kedua jenis batik

ini mempunyai keunikan tersendiri.

Berikut adalah proses pembuatan Batik Cap :

  • Kain mori diletakan di atas meja yang telah dilapisi dengan alas yang lunak.
  • Lilin direbus hingga mencair dan dijaga agar suhu cairan mala mini tetap dalam kondisi 60 sampai 70 derajat celcius.
  • Cap lalu dimasukan kedalam cairan malam tadi dengan mencelupkan kurang lebih yang 2cm tercelup cairan malam pada bagian bawah cap.
  • Cap kemudian diletakan dan ditekankan dengan kekuatan yang cukup di atas kain mori yang telah disiapkan tadi, cairan lilin panas dibiarkan meresap ke dalam pori-pori kain mori hingga tembus ke sisi lain permukaan kain mori.
  • Setelah proses cap selesai, kain mori selanjutnya akan masuk ke proses pewarnaan dengan cara mencelupkan kain mori ini ke dalam tangki yang berisi warna.
  • Cairan lilin panas tadi telah teresap pada permukaan kain, tidak akan terkena dalam proses pewarnaan ini. Setelah proses pewarnaan selesai, dilanjutkan dengan proses berikutnya yaitu penghilangan berkas motif cairan malam melalui proses perebusan atau ngelorot. Sehingga akan nampak dua warna, yaitu warna dasar aslimkain mori berasal dari mori yang tertutup lilin dan warna setelah proses pewarnaan yang dilakukan.
  • Proses terkahir dalam pembuatan Batik Cap adalah proses pembersihan dan penverahan warna dengan soda, selanjutnya dikeringkan dan di setrika.

 

Proses pembuatan batik cap, sedikitnya gambaran tentang pembuatan batik cap untuk pemesanan saat ini anda dapat melakukan secara

cetak batik custom
cetak batik custom

. Merupakan batik cap yang berkualitas baik serta harga yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *