Produksi seragam batik sekolah untuk wilayah banjarmasin

Produksi seragam batik sekolah untuk wilayah banjarmasin

batik seragam sekolah/ kantor
batik seragam sekolah/ kantor

Salah satu unsur universal kebudayaan adalah kesenian. Karya seni sebagai karya budaya yang luhur mengandung nilai-nilai keindahan. Karena itu menciptakan seni bukan sekedar improvisasi melainkan idealisme keindahan yang tinggi.

Tak bisa disangkal, bahwa seni maupun budaya pada hakikatnya selalu menyentuh aspek dasariah manusia yang paling dalam, yang sudah pasti tetap menekankan keseimbangan antara sisi eksoteris (lahir) dan esoterisnya (batin). Seni atau dalam horizon yang lebih luasnya budaya adalah bagian yang inheren menyatu dalam kehidupan masyarakat.

Ditinjau dari garapannya ada lima cabang seni yaitu Seni Rupa dan Seni Sastra, Seni Tari, Seni Teater, dan Seni Musik. Ada yang mengklasifikasikan seni pertunjukan yakni seni tari, seni musik, dan seni teater. Seni sastra menjadi seni teater bila dipertunjukan dan senantiasa melibatkan seni rupa. Oleh karena itu, lima cabang seni itu saling berkorelasi, saling berkaitan satu dengan yang lain.

Setiap daerah tentu memiliki kesenian masing-masing yang di dalamnya terdapat perbedaan. Begitu juga halnya dengan Masyarakat Banjar yang memiliki kesenian-kesenian yang beragam. Keberagaman ini terlihat dari banyaknya kesenian yang ada dan berkembang di masyarakat Banjar sejak Zaman Prasejarah, Zaman Hindu Budha dan Zaman Islam.

Kota Banjarmasin adalah kota yang berada di Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin merupakan kota penting di wilayah Kalimantan Selatan yang saat ini memiliki posisi yang sangat strategis secara geografis. Banjarmasin yang berdimensi lima diarahkan pembangunannya sebagai Kota Pemerintahan, Perdagangan, Pelabuhan, Industri dan Pariwisata. Dalam semua upaya tadi, Sungai Barito menduduki tempat yang utama. Kehidupan di kota Banjarmasin memang tidak terpisahkan dari Sungai Barito beserta anak-anak sungainya. Terletak dipertemuan antara Sungai Barito dan Sungai Martapura, kota ini strategis sekali untuk perdagangan.

Sampai kinipun kehidupan sungai tetap dominan di Banjarmasin. Sebagai salah satu indikasinya, di depan Kantor Walikota dibangun sandaran perahu untuk tamu-tamu dan para tamu dan pejabat pemerintah yang hendak menyusuri sungai. Sekitar 200 m dari tempat tersebut terdapat terminal perahu antar kota di Kalimantan Selatan, bahkan sampai ke Kalimantan Tengah.

Bagi masyarakat Banjar pakaian adat dianggap memiliki nilai-nilai penting dalam kehidupan mereka. Hal ini tercermin dari berbagai ragam hias yang terdapat pada busana adat pengantin Banjar serta menjadi salah satu penanda identitas sosial yang tidak dimiliki oleh suku bangsa dinegara lain. Secara umum busana adat pengantin Banjar terdiri dari tiga jenis, yaitu bagajah gamuling baular lulut, ba’amar galung Pancaranan matahari, serta babajukun galung pacinan.

Produksi seragam batik sekolah untuk wilayah Banjarmasin, akan tetapi batik saat ini tengah hadir mewarnai serba sebi pakaian atau fashion di kota Banjarmasin ini. Salah satunya batik, tidak hanya batik yang biasanya digunakan untuk kalangan orang dewasa untuk kebutuhan formil maupun non formil. Untuk anak – anak sekolahpun saat ini seragam batik sekolah sudah ada. Di www.seragam-batik.com adalah salah satu contohnya, masih penasaran silahkan saja kunjungi websitenya dan juga catat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *