PABRIK BATIK SEKOLAH TERMURAH UNTUK WILAYAH MAKASAR

PABRIK BATIK SEKOLAH TERMURAH UNTUK WILAYAH MAKASAR

cetak batik printing
cetak batik printing

Ketika berbicara tentang batik, perhatian sebagian orang tentu akan langsung tertuju pada pulau jawa. Namun tahukah Anda, Kota Makassar pun sebenarnya punya batik khas berpola etnis empat adat di Sulawesi Selatan.

Daerah Bugis sangat terkenal dengan kain tradisional yang dibuat oleh masyarakatnya yaitu kain tenun bugis. Kain tenun bugis ini telah terkenal ke seluruh negeri dan menjadi ciri khas dari wilayah ini. Bugis selain memiliki kain tenun tersebut ternyata juga mengerjakan kesenian batik. Kain baju batik yang dipakai pada umumnya merupakan kain dengan bahan tenun sutra Bugis yang telah sangat terkenal ini. Motif batik yang dibuat oleh seniman batik di kota Bugis ini banyak yang menggunakan motif batik yang mengikuti motif dari kain tenun tersebut.

Selain itu motif batik Bugis juga banyak menggunakan kebudayaan lokal masyarakat daerah ini. Batik dari daerah Bugis ini memiliki perbedaan yang cukup besar dengan batik dari daerah lain yang beberapa diantaranya adalah perbedaan dalam teknologi untuk membuatnya, proses pemberian warna dan juga corak batik yang tidak ditemui dalam batik di wilayah lain. Para seniman batik di kota Bugis ini telah menggunakan bantuan komputer untuk menciptakan motif batik, mulai dari desain baju batik nya dan juga desain dan warna dari batik tersebut.

Berbagai macam motif batik baru terus diciptakan di daerah ini dengan menggunakan motif batik yang khas seperti motif batik parepare, motif batik Maros, motif batik Soppeng, motif batik Toraja dan berbagai macam motif batik lainnya. Merasa tertinggal dalam hal motif batik nya dengan daerah lain, maka perkembangan batik Bugis di Makassar ini konsentrasi dalam membuat berbagai macam motif batik yang berjumlah puluhan bahkan ribuan motif baru untuk menambah koleksi mereka dan juga meningkatkan teknik batik buatan mereka.

Istilah cora toriolo dimaksudkan agar batik ini memiliki ciri tersendiri dalam industri batik. Selain itu akan memberi identitas kuat dalam buadaya Sulawesi Selatan dipercaturan batik dan handicraft. Program pengembangan cora toriolo, akan terus dikembangkan melalui media kain dan juga media lain seperti kayu, keramik, dan logam. Sosialisasi cora, akan terus dilakukan Pemerintah melalui seminar dan workshop kepada masyarakat seni dan budayawan yang akan memberikan masukan yang berarti.

Pabrik batik sekolah termurah untuk wilayah makasar, tak hanya itu makasar kini mempunyai produksi batik sekolah termurah yang ada di wilayah makasar yaitu dapat menghubungi dan nomor telepon 082115069960 ( Andryan ) atau Whatsapp 082320744774 ( Arini )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *