PABRIK BATIK NUSANTARA

PABRIK BATIK NUSANTARA

seragam batik sekolah
jasa printing batik

Batik Indonesia dengan keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motifnya menjadi warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity) yang ditetapkan UNESCO pada 2009. Kekayaan seni ini menjelma menjadi tren berbusana global. Motif batik memiliki karakteristik tersendiri berdasarkan daerah asal pembuatannya. Berikut 10 daerah produsen batik terpopuler.

kan industri kecil menengah (UKM) yang menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat. Sebelum krisis moneter pada tahun 1997 industri kecil menengah ini sempat mengalami kemajuan yang pesat. Beberapa pengusaha batik sempat mengalami masa kejayaan. Apalagi pada tahun 1980 an batik merupakan pakaian resmi yang harus dipakai pada setiap acara kenegaraan ataupun acara resmi lainnya. Sehingga dapat mengenalkan dan meningkatkan citra batik di dunia internasional pada waktu itu. Industri batik di Indonesia tersebar di beberapa daerah di pulau awa yang kemudian menjadi nama dari jenis jenis batik tersebut seperti batik Pekalongan, batik Surakarta, batik Yogya, batik Lasem, batik Cirebon, batik ragen. Setiap batik dari daerah tersebut memiliki ciri motif yang spesifik. Jenis batik yang diproduksi ada tiga yaitu batik tulis, batik cap dan batik printing. Perkembangan Industri batik di Indonesia sangat terkait dengan perkembangan batik yang dimulai sejak berates ratus tahun yang lalu. Batik sebenarnya adalah salah satu jenis produk sandang yang telah berkembang pesat di Jawa sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Sebagian besar masyarakat Indonesia telah menganal batik baik dalam coraknya yang tradisionil maupun modern. Sejarah batik di Indonesia sangat terkait dengan perkembangan kerajaan ajapahit dan penyebaran ajaran Islam di tanah Jawa. Pengembangan batik banyak dilakukan pada masa masa kerajaan mataram kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Produk batik yang dihasilkan oleh industri batik di Indonesia ada 3 (tiga) yaitu, batik tulis, batik cap dan batik printing. Proses pembuatan ketiga batik ini berbeda. Pada masa jayanya, pengrajin batik hanya membuat batik tulis yang menggunakan pewarna dari alam seperti jati, pohon mengkudu, soga, nila. Disebut batik tulis karena proses penggambaran motifnya menggunakan tangan. Proses pembuatan batik tulis agak lama memakan waktu berminggu minggu bahkan bulanan bila desain motifnya memang sulit sehingga harga jualnya juga relative mahal. Selembar kain batik tulis dapat dihargai 200 ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah. Sangat tergantung pada kerumitan proses pembuatannya. Karena tingkat kesulitan pegerjaan atau lama tidaknya pengerjaan menentukan harga batik. Sehingga produksi batik tulis ini hanya diproduksi sesuai pesanan

Pabrik batik nusantara, berbicara tentang penghasil batik di Nusantara ini tetaplah pilihan menjadi www.seragam-batik.com menjadi pilihan utama warga Indonesia maupun mancanegara untuk memilih produksi batik terbaik. untuk pemesanan seragam batik anda serta catat nomor telepon 082115069960 ( Andryan ) atau Whatsapp 082320744774 ( Arini ).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *