MEDIA YANG DIGUNAKAN UNTUK BATIK

MEDIA YANG DIGUNAKAN UNTUK BATIK

seragam batik kantor / seragam batik sekolah
seragam batik kantor / seragam batik sekolah

Batik adalah teknik perintangan warna menggunakan lilin panas untuk membentuk motif tertentu. Prosesnya panjang dan rumit, serta membutuhkan kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi.

Bila kita perhatikan, membatik biasanya dilakukan oleh perempuan. Ini sudah lumrah, karena kaum hawa dikenal lebih luwes dan telaten, termasuk dalam menggoreskan garis-titik batik yang memerlukan kehati-hatian dan waktu tak sebentar.

Media yang digunakan untuk memproses sebuah batik :Canting

Canting

merupakan alat utama yang dipergunakan untuk membatik. Penggunaan canting adalah untuk menorehkan (melukiskan) cairan malam agar terbentuk motif batik.

Kuas

Pada umumnya kuas dipergunakan untuk melukis, dalam proses membatik kuas juga dapat dipergunakan untuk Nonyoki yaitu mengisi bidang motif luas dengan malam secara penuh.

Kompor Minyak Tanah

Kompor minyak tanah dipergunakan untuk memanasi malam agar cair. Pilihlah kompor yang ukurannya kecil saja, tidak perlu yang besar. Pembatik tradisional biasanya menggunakan anglo atau keren. Anglo merupakan arang katu sebagai bahan bakar.

Wajan

Wadah untuk mencairkan malam menggunakan wajan, terbuat dari bahan logam. Pilihlah wajan yang memiliki tangkai lengkap kanan dan kiri agar memudahkan kita mengangkatnya dari dan ke atas kompor.

Gawangan

Pada waktu membatik kain panjang, tidak mungkin tangan kiri pembatik memegangi kain tersebut. Untuk itu membutuhkan media untuk membentangkan kain tersebut, yang disebut gawangan.

Nampan

Nampan plastik diperlukan untuk tempat cairan campuran pewarna dan mencelup kain dalam proses pewarnaan. Pilihlah ukuran nampan yang sesuai dengan ukuran kain yang dibatik agar kain benar-benar tercelup semuanya.

Panci

Panci aluminium diperlukan untuk memanaskan air di atas kompor atau tungku dan untuk melorot kain setelah diwarnai agar malam bisa bersih. Pilihlah ukuran panci sesuai dengan ukuran kain yang dibatik.

Sarung tangan

Sarung tangan diperlukan sebagai pelindung tangan pada saat mencampur bahan pewarna dan mencelupkan kain ke dalam cairan pewarna. Selama penyiapan warna dan pewarnaan kain, pergunakanlah selalu sarung tangan karena bahan pewarna batik terbuat dari bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kulit dan pernafasan, kecuali pewarna alami (natural).

Sendok & Mangkuk

Sendok makan dibutuhkan untuk menakar zat pewarna dan mangkuk plastik untuk mencampur zat pewarna tersebut sebelum dimasukkan ke dalam air. Selain itu juga diperlukan gelas untuk menakar air.

Media yang digunakan untuk batik, demikain penjelasan singkat tentang media yang digunakan untuk membuat batik. Selebihnya jika anda tertarik untuk memilih batik kesukaan anda, informasi lengkapnya silahkan hubungi nomor telepon 082115069960 ( Andryan ) atau Whatsapp 082320744774 ( Arini ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *