CARA MEMBUAT BATIK TULIS

CARA MEMBUAT BATIK TULIS

seragam batik sekolah
seragam batik

Batik tulis adalah batik yang dibuat dengan menggambar motif di atas kain kemudian ditutup dengan lilin menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif yang tidak akan diberi warna.Batik tulis ini paling unggul karena menghasilkan kain batik yang tahan lama.

Adanya perkembangan skala industri batik diimbangi dengan kemajuan teknologi, mengakibatkan terjadinya modifikasi proses pembuatan batik, baik pada bahan baku maupun peralatan yang digunakan. Banyak produsen yang meninggalkan metode tradisional untuk memperbesar kapasitas produksi dan mengurangi waktu pembuatan batik. Imbas dari perkembangan teknologi tersebut adalah munculnya produkyang menyerupai batik asli. Produk yang menyerupai batik tersebut diketahui diproses dengan beberapa teknik cetak yang didesain sedemikian rupa sehingga produk yang dihasilkan memiliki perbedaan yang tipis dengan batik.

Proses pembuatan batik tulis adalah proses yang membutuhkan tehnik, ketelitian, dan kesabaran yang tinggi.  Hal ini disebabkan oleh segala sesuatu proses pembuatannya dikerjakan manual dengan menggunakan tangan terampil manusia (ditulis) tanpa menggunakan mesin. Karena tehnis segala sesuatunya dilakukan secara manual maka harga batik tulis merupakan salah satu jenis batik yang termahal dari semua jenis batik yang ada di Indonesia.  Apabila bahan kain yang digunakan adalah kain sutera, maka kain batik sutera tulis menjadi yang termahal dari seluruh kain batik yang ada di dunia.

Kombinasi antara kain sutera yang sudah dikenal mahal dengan tehnik proses pembuatan secara ditulis manual tanpa menggunakan mesin, menjadikan batik tulis sutera ini diburu oleh kalangan eksekutif untuk menunjukkan kelas gengsinya.  Proses pembuatan batik tulis tidak jarang membutuhkan waktu hingga 1 bulan pengerjaan.  Terutama jika kain yang digunakan adalah kain sutera, yang membutuhkan perlakuan tehnik khusus karena karakteristik bahan kainnya.  Sebelum kita belajar tehnik pembuatan batik tulis, ada baiknya kita ketahui dahulu bahan-bahan yang digunakan pada proses pembuatan batik tulis.

Bahan pembuatan batik tulis

  1. Canting, adalah alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif batik. Jadi fungsinya seperti pensil untuk lilin
  2. Pensil pola
  3. Kain mori putih yang biasanya kain sutera atau kain katun
  4. Lilin malam (wax)
  5. Kompor atau alat pemanas lilin malam (wax)
  6. Bahan pewarna kain

 

Cara membuat batik tulis, jadi sudah bisa membedakan ya hasil dan cara batik tulis. Infoemasi pemesanan batik tulis juga dapat melalui nomor telepon 082115069960 ( Andryan ) atau Whatsapp 082320744774 ( Arini ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *